Pemodelan Kanvas Preposisi Nilai Produk Minuman Fungsional untuk segmen konsumen generasi Z dan Y
DOI:
https://doi.org/10.31940/jbk.v20i1.16-27Keywords:
Minuman fungsional, generasi Z, generasi Y, kanvas value proposition, riset kualitatifAbstract
Pandemi COVID-19 telah memotivasi banyak orang untuk mengkonsumsi minuman fungsional untuk hidup sehat. Salah satu contoh minuman fungsional adalah jus buah yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan hanya dijual sebagai buah asli tanpa pengolahan lebih lanjut. Meskipun orang menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk mengonsumsi jus buah sejak pandemi, mereka tidak dapat sepenuhnya meninggalkan preferensi lama mereka dengan mengonsumsi minuman manis tinggi gula. Namun, mereka bisa berisiko terkena penyakit kronis di kemudian hari. Generasi Y dan Z merupakan segmen konsumen yang masih jarang mengkonsumsi minuman fungsional dibandingkan segmen yang lebih tua. Mereka tampaknya gagal mengenali nilai manfaat minuman fungsional. Studi ini bertujuan untuk menentukan Customer’s Value Proposition dari Minuman Fungsional yang meliputi Products/Services, Gain Creators and Pain Relievers yang harus sesuai dengan Customer Segments. Untuk mengidentifikasi value proposition, penelitian ini melakukan wawancara mendalam dengan 15 pelanggan minuman fungsional. Temuan menunjukkan bahwa konsumen muda mempertimbangkan minuman fungsional berdasarkan kandungan gizi, rasa, aroma, kemasan, kemudahan konsumsi, branding, manfaat, dan harga. Dengan demikian, berdasarkan temuan tersebut, perusahaan minuman fungsional dapat menciptakan strategi penciptaan nilai yang lebih baik untuk pelanggan muda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis dan KewirausahaanAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




