Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku)
DOI:
https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.279-290Keywords:
media sosial, instagram, promosi, UMKM, digital marketingAbstract
Media sosial sat ini perannya cukup penting untuk menghubungkan secara efektif antar individu yang satu dengan individu lainnya, atau dengan kelompok dan perusahaan. Di masa pandemi Covid-19 yang membatasi banyak aktivitas masyarakat, pemanfaatan media sosial Instagram sangatlah membantu. UKM Kolakulaku menggunakan platform media sosial Instagram untuk berkomunikasi dengan konsumen, melakukan promosi dan menjalankan digital marketing karena saat ini memiliki hambatan untuk menjalankan bisnis nya secara konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan platform media sosial instagram sebagai media promosi industri kuliner saat pandemi covid-19. Metode penelitian adalah kualitatif yang menggunakan studi kasus dengan teknik analisis isi (content analysis). Diperoleh hasil penelitian bahwa akun @kolakcampurkolaku telah memanfaatkan Strategi Digital Marketing dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosi dengan cukup baik dan efektif. Disarankan untuk meningkatkan relation building sehingga followers bertambah banyak, menggunakan jasa influencer untuk endorsement dan paid promote juga memaksimalkan penggunaan InstagramAds.