Strategi Digitalisasi Pada UMKM di Bidang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.31940/jbk.v19i1.43-49Keywords:
Digitalization strategy, umkm, pandemic covid-19.Abstract
UMKM merupakan salah satu aspek yang terdampak akan pada saat pandemi Covid-19. Pada
saat pandemi ini terjadi beberapa masalah untuk UMKM dibidang kuliner diantaranya kesulitan pemasaran,
kesulitan keuangan, kendala keterbatasan SDM, bahan baku dan keterbatasan teknologi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat informasi baru tentang tingkat efektifitas
dan perkembangan digital yang digunakan oleh UMKM selama pandemi Covid-19. Metode penelitian
komparatif, di mana variabel yang diteliti merupakan variabel mandiri tetapi untuk sampel yang digunakan
lebih dari satu atau diukur pada waktu yang berbeda. Kuesioner disebar melalui Google Form dengan total
responden sejumlah 100 yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa snowball
dan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan efektivitas pra dan
pasca UMKM bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi saat pandemi covid-19, hal ini dapat dilihat
dari hasil rata-rata penggunaan strategi digitalisasi pada saat pandemic covid-19. Pada penelitian ini dapat
dilihat adanya hubungan dan pengaruh efektivitas pada saat pra dan pasca menggunakan strategi
digitalisasi. Pengaruhnya tersebut ialah terjadinya peningkatan penggunaan strategi digitalaisasi yang
menjadikan efektifitas UMKM kuliner di Kota Tasikmalaya pada saat pandemi sebesar 51.24%. Selama
pandemi covid-19, UMKM di bidang kuliner secara tidak langsung dituntut untuk bisa memanfaatkan
teknologi, agar usahanya tetap berjalan. Dengan segala pembatasan ruang gerak secara tatap muka,
UMKM di bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi untuk mengembangkan usahanya. Terdapat
peningkatan efektifitas dan perkembangan digital yang digunakan UMKM dibidang kuliner di
Kota Tasikmalaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis dan KewirausahaanAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




