Strategi Digitalisasi Pada UMKM di Bidang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya

Authors

  • Irly Artiara Irawan Manajemen, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia
  • Ghaling Achmad Abdul Ghonisyah Manajemen, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/jbk.v19i1.43-49

Keywords:

Digitalization strategy, umkm, pandemic covid-19.

Abstract

UMKM merupakan salah satu aspek yang terdampak akan pada saat pandemi Covid-19. Pada
saat pandemi ini terjadi beberapa masalah untuk UMKM dibidang kuliner diantaranya kesulitan pemasaran,
kesulitan keuangan, kendala keterbatasan SDM, bahan baku dan keterbatasan teknologi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat informasi baru tentang tingkat efektifitas
dan perkembangan digital yang digunakan oleh UMKM selama pandemi Covid-19. Metode penelitian
komparatif, di mana variabel yang diteliti merupakan variabel mandiri tetapi untuk sampel yang digunakan
lebih dari satu atau diukur pada waktu yang berbeda. Kuesioner disebar melalui Google Form dengan total
responden sejumlah 100 yang terpilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa snowball
dan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan efektivitas pra dan
pasca UMKM bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi saat pandemi covid-19, hal ini dapat dilihat
dari hasil rata-rata penggunaan strategi digitalisasi pada saat pandemic covid-19. Pada penelitian ini dapat
dilihat adanya hubungan dan pengaruh efektivitas pada saat pra dan pasca menggunakan strategi
digitalisasi. Pengaruhnya tersebut ialah terjadinya peningkatan penggunaan strategi digitalaisasi yang
menjadikan efektifitas UMKM kuliner di Kota Tasikmalaya pada saat pandemi sebesar 51.24%. Selama
pandemi covid-19, UMKM di bidang kuliner secara tidak langsung dituntut untuk bisa memanfaatkan
teknologi, agar usahanya tetap berjalan. Dengan segala pembatasan ruang gerak secara tatap muka,
UMKM di bidang kuliner menggunakan strategi digitalisasi untuk mengembangkan usahanya. Terdapat
peningkatan efektifitas dan perkembangan digital yang digunakan UMKM dibidang kuliner di
Kota Tasikmalaya.

Published

2023-05-09

How to Cite

Irawan, I. A., & Ghonisyah, G. A. A. . (2023). Strategi Digitalisasi Pada UMKM di Bidang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 19(1), 43–49. https://doi.org/10.31940/jbk.v19i1.43-49