Strategi Pengembangan Bisnis Berkelanjutan Berbasis Komunitas Dengan Menggunakan Triple Layer Business Model Canvas (Studi Kasus: Komunitas Magotsuka)

Authors

  • Alghif Rukman Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Yayu Ulfah Marliani Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
  • Luthfia Hastiani Muharram Bioteknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
  • Arif Yunan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/jbk.v19i1.13-21

Keywords:

Keberlanjutan, Komunitas, Model Bisnis, Sampah Organik, Triple Layer Business Model Canvas

Abstract

Pengelolaan sampah organik masih menjadi masalah di Indonesia. Rendahnya pengelolaan sampah organik menyebabkan berbagai eksternalitas negatif. Komunitas Magotsuka adalah komunitas yang melakukan pendekatan berbasis komunitas untuk mendorong masyarakat di Desa Padasuka, Cimahi, untuk mengelola sampah organik rumah tangganya. Kami bertujuan untuk menggali persepsi warga terhadap keberadaan Komunitas Magotsuka dan merumuskan model bisnis Komunitas Magotsuka. Kami melakukan studi kasus di Komunitas Magotsuka antara Agustus dan Oktober 2022. Kami menggunakan matriks IE dan Triple-Layer Business Model Canvas (TLBMC) untuk pengembangan model bisnis. Kami mengidentifikasi sepuluh faktor strategis internal dengan nilai IFE 2,67 dan sepuluh strategi eksternal dengan nilai EFE 2,96. Menurut matriks IF, kemampuan masyarakat dalam merespon lingkungan internal dan eksternal berada pada level sedang. Hasil yang diperoleh dari model TLBMC dapat membantu dapat membantu pengelola komunitas melihat secara vertikal antar lapisan model bisnis pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial untuk menerapkan bisnis yang berkelanjutan.

Published

2023-05-09

How to Cite

Rukman, A., Marliani, Y. U. ., Muharram, L. H. ., & Yunan, A. . (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Berkelanjutan Berbasis Komunitas Dengan Menggunakan Triple Layer Business Model Canvas (Studi Kasus: Komunitas Magotsuka). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 19(1), 13–21. https://doi.org/10.31940/jbk.v19i1.13-21