Analisis Bisnis ”Indofish_Me” Inovasi Mie Instant Sehat dari Sektor Perikanan & Kelautan di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Matriks Grand Strategy

Authors

  • NS Hutapea Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Indonesia
  • Sumartini Sumartini Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • N Saputra Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Indonesia
  • Fitriana Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Indonesia
  • R Nabila Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Indonesia
  • MH Nelas Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/jbk.v18i2.82-93

Keywords:

SWOT, mie instant, promosi, grand strategy, matriks

Abstract

Salah satu usaha yang paling diminati dan kian menjamur adalah usaha kuliner. Terutama jenis kuliner yang kekinian dan hits, yang memiliki tingkat keunikan tersendiri. Salah satu produk makanan yang banyak diminati konsumen adalah mie. Di Indonesia, mie telah menjadi pangan alternatif setelah nasi. IndofishMe sebagai bentuk produk mie instant olahan hasil laut dengan inovasi baru, menawarkan jenis kemasan yang mudah terurai seperti menggunakan corrugated box, dan kemasan seasoning menggunakan plastik pati singkong yang mudah diurai oleh organisme dan lingkungan. Jadi, keunggulan produk inovasi IndofishMe, selain merupakan mie instant yang sehat (tinggi serat, rendah kalori, tinggi protein), tidak mengandung MSG, pengawet buatan, pewarna buatan, kaya topping (Bawang goreng, sosis ikan, bakso ikan, daging ikan. cincang, sayuran yang dikeringkan) juga dilengkapi dengan kemasan yang ramah lingkungan (eco friendly) dan mudah terurai. Adanya inovasi baru dalam produk mie instant ini, memunculkan tantangan baru mengenai bagaimana strategi marketing dan analisa yang tepat untuk mengetahui layak atau tidaknya usaha dijalankan, salah satu analisa yang telah banyak digunakan adalah analisa SWOT menggunakan matriks grand strategy. Metode analisa yang digunakan adalah analisa SWOT dengan menggunakan matriks grand strategy. Hasil menunjukkan bahwa bisnis berada pada Kuadran I (Proggressive) artinya bisnis bersifat layak untuk dilakukan pengembangan.

Published

2022-07-31

How to Cite

Hutapea, N., Sumartini, S., Saputra, N., Fitriana, Nabila, R., & Nelas, M. (2022). Analisis Bisnis ”Indofish_Me” Inovasi Mie Instant Sehat dari Sektor Perikanan & Kelautan di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Matriks Grand Strategy. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(2), 82–93. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i2.82-93