Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226Keywords:
keunikan produk, kelengkapan produk, keputusan konsumen, UMKMAbstract
Perilaku konsumen ketika mengambil keputusan pembelian produk Makanan Oleh-oleh di Kota Pekanbaru dipengaruhi banyak faktor apalagi dimassa pendemi Covid 19. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh keunikan produk terhadap keputusan pembelian, menguji pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian dan menguji pengaruh keunikan produk dan kelengkapan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian produk makanan oleh-oleh Kota Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk makanan oleh-oleh di Kota Pekanbaru. Jumlah sampel berjumlah 173 orang responden dengan metode sampling proposive sampling yaitu konsumen yang pernah membeli produk makanan oleh-oleh Kota Pekanbaru. Data penelitian bersumber dari data primer yang terdiri kuisioner dan observasi sedangkan data sekunder yang bersumber artikel, buku, laporan data jumlah industri kecil makanan Kota Pekanbaru. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuisioner dan studi keperpustakan. Metode analisis data untuk mengukur keunikan produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa keunikan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan keunikan produk dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk makanan oleh-oleh Kota pekabaru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Bisnis dan KewirausahaanAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




