Pengembangan Website untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM

Authors

  • Darna Darna Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dewi Yanti Liliana Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Fatimah Fatimah Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Iklima Ermis Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Elizabeth Y Metekohy Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/bp.v8i2.100-107

Keywords:

IWAPI, marketplace, media promosi, UMKM, website

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia membawa pengaruh besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan yang paling terdampak adalah aspek kegiatan ekonomi. Adanya kebijakan pembatasan mobilitas manusia sebagai dampak dari covid tersebut, maka untuk mendapatkan barang kebutuhan yang diinginkan seseorang tidak perlu langsung mempeolehnya dari lokasi dimana barang tersebut tersedia. Konsumen cukup membuka aplikasi marketplace yang tersedia dan langsung memesan barang yang mereka butuhkan dan dalam waktu yang tidak terlalu lama barang tersebut sudah sampai. Keadaan seperti ini menyebabkan pelaku usaha yang tidak mampu menyesuaikadan diri dengan keadaan mengalami kesulitan penjualan dan pada akhirnya mengalami kebangkrutan. Beginilah kondisi yang dihadapi oleh para pelaku UMKM yang berada dibawah organisasi IWAPI Kota Depok, karena ketidakmampuan mereka beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Tujuan pengabdian masyarakat tim pengabdi  Politeknik Negeri Jakarta membantu pelaku UMKM yang tergabung dalam Iwapi DPC kota Depok untuk memiliki  Website yang dibuat berfungsi sebagai media informasi IWAPI Kota Depok dan yang tidak kalah penting penting adalah sebagai sarana promosi bagi produk-produk UMKM dan sekaligus menjadi marketplace.  Metode yang dilaksanakan adalah membuat media promosi dan media penjualan secara digital dengan membuat website sebagai sistem informasi yang dapat dimanfaatkan oleh semua anggota iwapi kota Depok. Selain itu, pada aspek anggota IWAPI memberikan pelatihan kepada tenaga administrasinya agar dapat mengoperasikan website tersebut agar berfungsi secara optimal sesuai tujuan awal pembuatannya. Hasil yang dicapai adalah terimplementasinya website IWAPI dengan nama domain iwapids.com dan keterampilan tenaga adminnya dalam mengelola website tersebut. Integrasi sistem tersebut diharapkan dapat menjadi media promosi yang andal bagi UMKM anggota iwapi dan sekaligus dapat meningkatkan penjualan.

Published

2022-11-26

How to Cite

Darna, D., Liliana, D. Y., Fatimah, F., Ermis, I., & Metekohy , E. Y. (2022). Pengembangan Website untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(2), 100–107. https://doi.org/10.31940/bp.v8i2.100-107