Keputusan Penggunaan Aplikasi Canva Karena Kemanfaatan dan Kemudahan Bagi Wirausaha Baru Kota Depok

Authors

  • Fatimah Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Darna Darna Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Elisabeth Y. Metekohy Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yenny Nuraeni Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Aminah Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/bp.v10i1.14-21

Keywords:

aplikasi Canva, desain promosi online, UMKM Depok, wirausaha baru

Abstract

Pemasaran secara online oleh pelaku bisnis wirausaha baru dari UMKM kota Depok memiliki banyak kelebihan, salah satunya  pangsa pasar menjadi lebih luas. Hanya saja dengan memasarkan secara online, persaingan menjadi semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan dibutuhkan promosi online yang menarik dan memberi kesan positif bagi calon konsumen. Pelatihan dan pendampingan pembuatan desain promosi online dengan aplikasi Canva merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdi dari Politeknik Negeri Jakarta. Mitra pengabdian adalah ibu-ibu wirausaha baru dari UMKM Kota Depok yang berjumlah 34 orang peserta. Hasil survey terhadap peserta dengan menggunakan korelasi Spearman diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi manfaat dan kemudahan terhadap keputusan menggunakan Aplikasi Canva dalam mendesain promosi secara online. Persepsi peserta yang positif terhadap aplikasi Canva tercermin dari antusiasme dan motivasi mereka untuk membuat desain terbaik. Kemudahannya terlihat dari partisipasi peserta yang seluruhnya mempraktekkan apa yang dijelaskan oleh tim pengabdi. Selanjutnya tim pengabdi memberikan apresiasi kepada UMKM Pregnansia dan UMKM Dapur Bunda yang mampu menghasilkan desain terbaik yaitu yang memiliki kesesuaian antara desain huruf, penggunaan warna dengan produk yang dihasilkan oleh UMKM. Untuk lebih meningkatkan skill pelaku usaha, program pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan. Pada akhirnya tim pengabdi berharap, mitra terus menerus meningkatkan kemampuan desain promosi produk mereka secara mandiri, sehingga tidak tergantung lagi kepada pihak luar.  

Published

2024-05-31

How to Cite

Fatimah, Darna, D., Y. Metekohy, E., Nuraeni, Y., & Aminah. (2024). Keputusan Penggunaan Aplikasi Canva Karena Kemanfaatan dan Kemudahan Bagi Wirausaha Baru Kota Depok . Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 10(1), 14–21. https://doi.org/10.31940/bp.v10i1.14-21