Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah secara Daring pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata
Keywords:
Pemecahan masalah, pembelajaran daring, kolaborasi, Bahasa Inggris PariwisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran secara daring mahasiswa melalui strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Subjek penelitian terdiri dari 30 mahasiswa semester II Program Studi Perhotelan Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali Tahun Akademik 2020/2021 yang menempuh mata kuliah English for Food and Beverage Operation. Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis capaian belajar mahasiswa berdasarkan kriteria penilaian pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Pemberian kuesioner dilakukan untuk mengukur kemajuan pembelajaran mahasiswa secara daring menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa secara daring dalam mata kuliah English for Food and Beverage Operation, khususnya dalam dialog secara daring antar mahasiswa dan juga mahasiswa dan dosen. Hasil umpan balik yang didapat oleh dosen dari mahasiswa setelah proses belajar mengajar berlangsung ditekankan pada kebutuhan mahasiswa terhadap metode pembelajaran secara daring yang inovatif seperti strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah terbukti efektif membuat mahasiswa lebih terlibat (engage), termotivasi untuk melakukan kolaborasi selama berlangsungnya proses belajar-mengajar secara daring tersebut.