Self-Confidence Versus English Competence

Authors

  • Paulus Subiyanto Politeknik Negeri Bali
  • Luh Nyoman Chandra Handayani Politeknik Negeri Bali

Keywords:

self-confidence, karakter, kompetensi

Abstract

Artikel ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh self-confidence terhadap kompetensi bahasa Inggris melalui pendekatan experiential learning dari mahasiswa semester 1 Jurusan Akuntansi. Melalui refleksi dan diskusi diidentifikasikan 3 faktor penghambat bertumbuhnya self-confidence pada masa umbuh kembang anak:(i) anak sering dibandingkan dengan anak lain,(ii) anak lebih banyak dikritik daripada dipuji, dan (iii) anak dituntut sempurna dan tidak boleh salah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, ditemukan 3 cara yakni (i) kesadaran bahwa setiap pribadi unik,(ii) pemahaman bahwa dalam proses belajar kesalahan dan kegagalan adalah wajar dan normal, dan (iii) untuk mendukung hal ini perlu kelompok belajar yang memiliki kesadaran dan pemahaman yang sama tentang self-confidence. Untuk mengimplementasikan temuan-temuan tersebut, dibutuhkan perubahan sikap dan mindset terkait proses belajar baik bagi pengajar maupun pembelajar.

Published

2022-12-14

How to Cite

Subiyanto, P. ., & Handayani, L. N. C. . (2022). Self-Confidence Versus English Competence. Prosiding Seminar Nasional Riset Bahasa Dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 99–103. Retrieved from https://ojs2.pnb.ac.id/index.php/SENARILIP/article/view/859