Analisis Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Inggris Mandiri Untuk Mahasiswa Pariwisata Berdasarkan Asean Toolboxes

Authors

  • Ni Nyoman Yunike Kurniarini UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31940/senarilip.v5i1.86-91

Keywords:

ASEAN Toolboxes, Pariwisata, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini berfokus pada dalam pengembangan materi pembelajaran Bahasa Inggris di bidang pariwisata berbasis ASEAN Toolboxes. Tujuannya untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengembangkan materi belajar mandiri Bahasa Inggris untuk mahasiswa pariwisata sebagai cara untuk menanggapi kebijakan tentang standar kompetensi pengajaran Bahasa Inggris yang diakui bersama dan disepakati oleh Kementerian Pariwisata di antara negara-negara anggota ASEAN. Data untuk penelitian ini adalah dikumpulkan dalam bentuk dokumen (ASEAN Toolboxes, silabus bahasa Inggris, dan rencana pelajaran) dan wawancara dengan siswa tentang kebutuhan belajar dan dengan guru tentang metodologi pengajaran. Produk analisis data adalah materi belajar mandiri. Wawancara dengan siswa membuktikan bahwa materi sangat penting untuk pengembangan diri siswa. Wawancara dengan para guru mendesak perlunya lebih banyak materi untuk siswa. Secara umum, materi pembelajaran Bahasa Inggris yang diterapkan cukup memberikan kompetensi yang diharapkan diwakili dalam ASEAN Toolbox, tetapi perlu studi lebih lanjut.

Published

2023-09-20

How to Cite

Kurniarini, N. N. Y. (2023). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Inggris Mandiri Untuk Mahasiswa Pariwisata Berdasarkan Asean Toolboxes. Prosiding Seminar Nasional Riset Bahasa Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 86–91. https://doi.org/10.31940/senarilip.v5i1.86-91