Pengaruh Kualitas Pelayanan Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Terios Melalui Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.31940/jbk.v20i1.40-47Keywords:
kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelangganAbstract
Persaingan di antara produsen otomotif di Indonesia khususnya roda empat semakin ketat, hal ini mendorong perusahaan untuk tidak hanya fokus pada produksi, tetapi juga pada aspek loyalitas pelanggan. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan servis terhadap loyalitas pelanggan mobil Terios melalui kepuasan pelanggan di PT Tunas Mobilindo Perkasa - Tunas Daihatsu Pondok Bambu. Menggunakan metode kuantitatif dengan observasi dan kuesioner pada 137 responden yang telah lebih dari satu kali melakukan servis mobil Terios pada tahun 2022. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan SPSS v.26. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Kualitas layanan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 3) Kepuasan pelanggan juga berpengaruh secara langsung dan signifikan pada loyalitas pelanggan. 4) Kualitas pelayanan memiliki dampak tidak langsung dan signifikan pada loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan untuk memperkuat loyalitas pelanggan di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis dan KewirausahaanAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




