Monitoring kapasitas baterai buggy (club car) di The Ritz-Carlton Bali
DOI:
https://doi.org/10.31940/jametech.v3i3.92-95Keywords:
Baterai, Buggy, Mutu PelayananAbstract
Dalam dunia industri perhotelan mutu pelayanan merupakan senjata utama dalam persaingan di industri pariwisata. Mutu pelayanan sebaik mungkin dijaga agar tamu merasa nyaman sehingga tamu akan dating kembali ke hotel. Di The Ritz-Carlton Bali mutu pelayanan sangat dijaga demi kenyamanan tamu. The Ritz-Carlton Bali merupakan hotel resort yang memiliki luas 12,7 hektar sehingga memerlukan sarana transportasi berupa buggy dalam operasional hotel baik untuk transportasi tamu dan keperluan lainnya. Tentunya kondisi buggy harus tetap prima setiap harinya demi menjaga mutu pelayanan terhadap tamu. Namun kenyataanya di lapangan sering kali terjadi masalah pada buggy dimana buggy mogok dan mati total. Masalah tersebut disebabkan oleh faktor human error dan kondisi baterai sudah tidak layak pakai. Masalah ini juga dikarenakan pada kendaraan buggy tidak terdapat indikator kapasitas baterai sehingga saat buggy sudah melemah baru akan dilakukan pengisian baterai. Faktor ini menyebabkan kondisi baterai epat mengalami drop. Oleh sebab itu kami merancang alat yang dapat memonitoring kapasitas bateri buggy di The Ritz-Carlton Bali yang berbasis telegram sehingga memudahkan staff hotel dalam memantau kapasitas buggy kapan saja. Untuk memonitoring baterai buggy kami menggunakan sensor tegangan dan ISP8266 yang berbasis telegram. Sistem kerja alat untuk memonitoring kapasitas baterai buggy ini yakni pada saat kapasitas baterai di bawah 30% maka akan muncul notifikasi di telegram kapasitas baterai buggy dan tegangan baterai, sehingga dapat segera di charge dan mengurangi masalah buggy mogok. Kapasitas baterai juga dapat dimonitoring lewat aplikasi telegram kapan saja, dengan demikian untuk transportasi tamu di hotel tidak mengaami kemdala dan dapat menjaga bahkan meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu.