Implementasi Pendekatan Konsep 3A (Attitude, Attention, Action) dalam Mewujudkan Pelayanan Prima
DOI:
https://doi.org/10.31940/bp.v8i1.26-33Keywords:
pelayanan prima, perhatian, sikap, tindakanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi bagaimana konsep 3A (Attention, Attitude, Action) dapat meningkatkan pelayanan prima. Manfaat yang diperoleh untuk peserta pengabdian kepada masyarakat adalah dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan menggunakan pelayanan yang prima. Peserta pelatihan adalah para staf administrasi, Guru, Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak di kecamatan Sawangan, kotamadya Depok sebanyak 20 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai, observasi, diskusi dan studi kasus. Sedangkan evaluasi pelaksanaan menggunakan angket yang berisi pertanyaan tentang konsep 3A dengan konstruktor jawaban merujuk pada skla Likert (sangat tidak setuju, tidak setuju, deskriptif kualitatifsetuju dan sangat setuju. Hasil dan analisis angket selanjutnya diolah dan dijelaskan dan menunjukkan bahwa konsep 3A dalam pelayanan telah digunakan para Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak dengan baik (setuju 80 %) dan sangat setuju (20%). Hasil ini membuktikan bahwa peserta pengabdian kepada masyarakat setelah mengikuti pelatihan telah menunjukkan perubahan yang baik dalam perhatian, sikap dan tindakan yang baik kepada siswa pada waktu pembelajaran berlangsung, kepada orang tua dan masyarakat dalam menyampaikan komunikasi dan informasi.