Analisis Pengembangan Produk Olahan Perikanan pada Industri Dimsum: Studi Kasus pada Dimsum Boss

Authors

  • Junianto Junianto Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Perikanan, Universitas Padjajaran, Indonesia
  • Ilva Viola Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Perikanan, Universitas Padjajaran, Indonesia
  • Lamiera Marsha Majida Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Perikanan, Universitas Padjajaran, Indonesia
  • Mayang Cariesta Lavintanza Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Perikanan, Universitas Padjajaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31940/bp.v11i1.32-37

Keywords:

Daya Saing, Inovasi Produk, Preferensi Konsumen, Strategi Pemasaran

Abstract

Pengembangan produk merupakan proses inovatif yang bertujuan menghasilkan, menyempurnakan, dan memasarkan produk yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pengembangan produk olahan perikanan pada Dimsum Boss melalui evaluasi preferensi konsumen, daya saing produk, dan peluang pasar. Data dikumpulkan melalui survei lapangan berupa wawancara dengan karyawan dan observasi produk. Dimsum Boss, yang awalnya menawarkan 10 menu dasar, kini memiliki variasi dimsum kukus dan goreng berbahan dasar seafood, seperti tuna, udang, dan kepiting. Menu andalannya mencakup Siemay Paket A (non-seafood), Siemay Paket B (seafood), serta varian unik seperti Nori Dimsum, Hakau, dan Tahta Tertinggi. Dimsum Boss juga menghadirkan inovasi seperti sushi fusion dan dimsum mentai. Seiring waktu, kemasan produk berevolusi dari mika ke kotak modern untuk memenuhi aspek estetika dan fungsi. Pemasaran dilakukan melalui 13 cabang, e-commerce, dan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, yang efektif menjangkau pasar lebih luas.

Published

2025-05-31

How to Cite

Junianto, J., Viola, I., Majida, L. M., & Lavintanza, M. C. (2025). Analisis Pengembangan Produk Olahan Perikanan pada Industri Dimsum: Studi Kasus pada Dimsum Boss. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 11(1), 32–37. https://doi.org/10.31940/bp.v11i1.32-37