Analisis Social Return on Investment (SROI) pada Program Creating Shared Value dengan Tema “Daya Sinergi Airlangga 2023”
DOI:
https://doi.org/10.31940/bp.v9i2.88-99Keywords:
anak disabilitas, creating share, SDG, SROI, social return, sustainableAbstract
Anak-anak disabilitas sering menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses dan kesempatan yang sama dalam pemberdayaan ekonomi, sehingga mempengaruhi perkembangan potensi dan kontribusi mereka dalam masyarakat. Namun, jika diberikan kesempatan dan akses yang sama, anak-anak disabilitas memiliki potensi yang sama untuk berkembang dan berkontribusi dalam masyarakat. Creating Shared Value untuk pemberdayaan ekonomi anak-anak disabilitas, yang sejalan dengan SDGs dengan berkontribusi pada pencapaian SDG nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas, dengan memberikan peluang pendidikan dan pelatihan yang inklusif bagi anak-anak disabilitas, dan SDG nomor 10 yaitu Pengurangan Ketimpangan, melalui inklusi sosial dan ekonomi anak-anak disabilitas dalam masyarakat. Dengan demikian strategi CSV adalah Langkah progresif dalam mendukung agen 2030 untuk Pembangunan berke-lanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausalitas dengan melakukan identifikasi pemangku kepentingan, indi-kator dampak sosial, pengumpulan data, nilai moterisasi dan kemudian menghitung nilai SROI. Hasilnya diperoleh rasio 7,17 yang be-rati bahwa setiap Rp. 1 yang diinvestasikan pada program Daya Sinergi Airlangga ini, akan menghasilkan timbal balik social Rp. 7,17 rupiah. Nilai SROI ini cukup tinggi dan menghasilkan return yang cukup tinggi.